7 Cara Mendorong Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

7 Cara Mendorong Semangat Kerja Setelah Libur Panjang


7 Cara Mendorong Semangat Kerja Setelah Libur Panjang

Banyak orang merasa berat guna untuk kembali bekerja setelah cuti panjang. Tapi tidak boleh khawatir, sebab ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan supaya bisa kembali energik kerja.

Ada sekian banyak  manfaat liburan, termasuk menambah produktivitas dan kreativitas kerja. Hanya saja, motivasi kerja tidak jarang kali telah menurun saat harus pulang bekerja, setelah cuti panjang. Yuk, cari tahu teknik mengembalikan motivasi kerjamu.



Tips Kembali Produktif Usai Berlibur

Sebelum pulang bekerja, kesatu beri dirimu peluang untuk beristirahat di rumah, sesudah berlibur panjang. Usahakan anda sudah hingga di rumah, paling tidak satu hari sebelum pulang bekerja. Mendapatkan masa-masa istirahat yang lumayan akan membuatmu pulang berenergi dan mencegahmu merasakan stres


Di samping itu, terdapat enam hal beda yang dapat kamu lakukan, yaitu:


    Siapkan barang bawaan dari malam sebelumnya

    Bagi beberapa orang, merasakan satu kekeliruan kecil di pagi hari dapat merusak mood seharian. Untuk menangkal hal ini kamu dapat menyiapkan semua kebutuhan atau barang bawaan pada malam hari. Jadi, kamu dapat fokus untuk mengerjakan kembali rutinitas harianmu, mulai dari pagi hari.

    Lakukan olahraga ringan

    Bila memungkinkan, anda juga dapat bangun lebih cepat di pagi hari untuk mengerjakan olahraga ringan. Olahraga enteng sekitar 10-30 menit di pagi hari berfungsi untuk membalikkan semangatmu lho. Tidak butuh olahraga yang berat, kamu dapat jalan kaki, jogging, atau lari pagi, untuk membalikkan semangat dan produktivitas.

    Konsumsi makanan bergizi

    Jangan tak sempat juga, konsumsi makanan bergizi untuk membalikkan semangat. Makanan yang dapat menjadi opsi tepat untukmu ialah kacang-kacangan, ikan, gandum dan pisang. Namun, pastikan anda mengonsumsinya dalam porsi yang tidak terlampau besar ya. Makan terlalu tidak sedikit justru bakal membuatmu lelah dan ngantuk, sampai-sampai menurunkan motivasi kerja.

    Rapikan meja kerja

    Hal kesatu yang dapat kamu kerjakan setelah hingga di kantor ialah merapikan meja kerja.  Kondisi meja kerja yang apik akan menciptakan suasana hatimu menjadi baik, sehingga anda pun dapat lebih energik dalam menjalani hari kesatu pulang bekerja.

    Pikirkan urusan yang membuatmu bahagia

    Untuk mengawal suasana hati supaya tetap baik, anda juga dapat memikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia, seperti mengobrol dengan rekan kantor yang menyenangkan, santap siang yang nikmat dan keadaan kerja yang nyaman.

    Kerjakan tugas yang sangat mudah

    Setelah membereskan meja kantor, kamu dapat mulai menyusun susunan hal yang mesti dikerjakan. Lakukanlah kegiatan yang paling gampang atau sangat mendesak terlebih dahulu. Pada hari kesatu kerja, fokuskan diri guna untuk kembali mendapatkan motivasi bekerja. Jangan terlampau memaksakan diri untuk menggarap semua hal, susunlah skala prioritas guna untuk pekerjaanmu.

Lakukan cara-cara di atas supaya kamu tetap energik untuk bekerja setelah cuti panjang. Kamu boleh kok, saling bertukar empiris saat berlibur dengan rekan-rekan kerjamu, tapi tidak boleh terlalu larut sampai kamu jadi terus mencocokkan antara masa-masa bekerja dan liburan.

Liburan seharusnya membantumu menyegarkan pikiran, supaya tidak bosan dan kembali konsentrasi serta lebih kreatif saat kembali bekerja. Bila anda merasa penurunan motivasi kerjamu paling mengganggu, tidak boleh ragu berkonsultasi dengan psikolog guna untuk mendapat saran dan penyelesaian yang tepat.                       
Share This :